Pengalaman 6 Bulan Magang di Hotel sebagai Chef


Hai guys, kali ini, aku bakal menceritakan kisahku selama 6 bulan training. Kalian yang anak SMK pasti taulah pkl atau training itu apa. Jadi pkl atau praktik kerja lapangan adalah dimana kita bekerja di suatu tempat sesuai jurusan kita. Misalnya kita jurusan tata boga, pasti kita akan pkl di tempat - tempat yang berhubungan dengan jurusan kita spt hotel, restaurant, dsb. Selama kita training, guru pasti akan mengecek ke tempat pkl kita apakah kita sudah melakukan pkl dengan baik atau tidak. Jadi buat kalian yang ga dateng pkl karena alasan yang ga jelas, guru pasti bakalan tau. Jadi jangan bolos pkl !


OK, langsung aja deh cuss ke ceritaku :

Aku pertama kali training di sebuah hotel di Jalan Legian, Bali. Aku ngambil trening di departemen kitchen, section pastry. Awalnya aku gatau kalau aku bakal dimasukin ke section pastry. Awalnya aku mikir "kalau training itu pasti bakal capenya ekstrem banget, apalagi pastry, kan resiko masuk di section pastry itu besar." Dan ternyata, dugaanku itu salah besar !!!! Training itu ga seseram yang dikira, dan section pastry itu ga terlalu besar resikonya. Iya sih kalau misalnya kita bikin roti gagal, gabisa diolah kembali biar roti itu berhasil. Asalkan kita mengikuti resep dan cara yang pas, roti/produk yang kita bikin gabakalan gagal, dijamin deh 👍👍. Oke lanjut, pertama kali aku training, aku sebagai trainingan yang bisa dibilang "nakal" karena sering membantah kata - kata senior (hehehe jangan ditiru ya). Aku membantah karena, aku cuma takut dibodoh-bodohi sama seniorku (karena pernah denger dari cerita orang lain kalau pas pertama kali training, trainingannya dibodoh-in sama seniornya sampai" yang harusnya masuk pagi pulang siang, jadi masuk pagi pulang malam, dan waktu itu pun gaada event atau acara sama sekali). Tapi...... setelah lama kelamaan training, aku jadi tau pekerjaan "asliku" itu seperti apa, apa yang harus kulakukan, dll, dan lama - lama aku jadi rajin, karena aku sudah tau apa yang harus kulakukan. Dan dari situ, senior yang awalnya "kurang suka" sama aku jadi suka dehh sama kinerjakuu 👍.

Lanjut.......
Sebagai trainingan, kamu harus patuh sama senior, semua senior, walaupun dia bukan senior sectionmu. Dan kamu juga harus bantu teman yang ada di section lain !!! Kita membantu mereka, kan sekalian dapet ilmu, jadinya ga ngestuck dapet ilmu di sectionmu aja, kamu dapet ilmu dari section lain juga. (Just like me, walaupun aku section pastry, kerjaanku ga cuma bikin roti dan kue aja, aku juga bantu buat omelet pas breakfastnya, bantu buat orderan dari section lain, bantu potong - potong sayur dan buah, pokoknya banyak deh.

Gambar 1. Bersih - bersih di kitchen



Lanjut......
Kamu juga harus siap - siap capek, kalau kamu ga cape, kamu mah namanya "gak kerja". Apalagi pas ada event - event tertentu, kamu harus bisa dan kuat untuk ngelayanin para tamu tersebut. Tamu juga kan mintanya macem - macem, bawel, maunya ini itu, kamu harus bisa nyediain apa yang mereka mau, supaya mereka ga "complaint". Kalau sampai ada "complaint", mampuslah departemen kitchen 😓😓. Pasti kalian mikir, "lah, kalau barangnya emang gaada atau habis gimana ?" Nah, kalau makanan habis atau gaada, kita bisa ngasi rekomendasi makanan lain, yang bisa dibilang "sejenis" sama makanan itu. Atau kalau memang bener - bener gaada, ya kita bisa aja bilang "habis" tapi jangan keseringan bilang "habis" karena kesannya itu kita kayak ga ada niat buat ngelayanin mereka, dan juga kesannya kayak si hotel tu "miskin".


Lanjut......
Kamu juga harus kuat dengerin omelan dari senior, ataupun dari atasan kalau kamu ada salah, dan kamu juga harus bisa kuat dengan yang namanya "penjilat" atau "licker" (udah kayak Resident Evil ya). Yups, di dunia kerja pasti aja ada yang namanya penjilat, tukang cari muka, senior jahat, dsb. Pokoknya harus sabar. Tapi, ga semua orang di tempat training kaya gitu kok, masih ada juga orang baik di tempat training yang bisa kamu jadikan tempat curhat dan kamu jadikan teman 👍.
Okey sekian aja ceritaku selama training, semoga kalian bisa mengerti tulisanku, hehehe. Dan semoga kalian yang lagi trening bisa ngejalanin trening dengan baik 👍👍

Food yang aku bikin selama training :

Gambar 2. Donut

Gambar 3. Soft Roll

Gambar 4. Waffle

Gambar 5. Pancake
    Well, itu semua cerita aku selama training. Semangat buat yang lagi ngejalanin training !!!

Komentar

Posting Komentar