Apa itu Dessert ? (Makanan Penutup)

    Hai guys. Kalian udah tau dessert kan? yups, dessert adalah bahasa inggris dari gurun pasir (blog makanan, kok bahas gurun sih?). Canda guys, bukan dessert itu yang bakal aku bahas. Aku bakal bahas dessert makanan atau dalam bahasa indonesia disebut *makanan penutup/makanan pencucui mulut*. Sedikit informasi, aku training di kitchen ngambil section pastry guys, lebih tau lah about pastry dan dessert lainnya, hehe.




1. Pengertian Dessert

    Kata hidangan penutup merupakan pengalihan bahasa dari kata dessert di bahasa inggris yang artinya "untuk membersihkan meja."
Dessert adalah makanan penutup atau pencuci mulut untuk hidangan lunch atau pun dinner, serta dihidangkan setelah main course (makanan utama). Dessert biasanya memiliki rasa manis.

2. Fungsi Dessert

  • Sebagai makanan penutup atau pencuci mulut hidangan makan siang atau makan malam.
  • Sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama yang terkadang mempunyai aroma dan rasa yang amis.
  • Sebagai variasi pada hidangan yang dimakan.
  • Untuk menambah gizi.


3. Jenis - Jenis Dessert


1. Hot Dessert (Hidangan Penutup Panas), adalah dessert yang dihidangkan pada temperatur hangat atau panas. Contohnya adalah pie dan crepes.
Kiri : Pie. Kanan : Crepes

  • Crepes adalah adonan dadar berbentuk cair yang terbuat dari telur dan tepung terigu lalu didadar menggunakan pan frying. Crepes dapat digunakan untuk hidangan appetizer maupun dessert tergantung dari rasa crepes. Appetizer dengan rasa asin dan gurih, dan dessert dengan rasa manis. Filling dari crepes dessert biasanya adalah pastry cream, fresh fruit, atau buah olahan (puree buah atau buah siap saji).
  • Pie adalah adonan sugar dough yang ditipiskan dan dicetak seperti mangkok dengan cetakan tertentu. pie ini dapat berisi berbagai macam isian buah, buah olahan, daging, dan juga olahan susu. Pie panas contohnya adalah apple pie.
2. Cold Dessert (Hidangan Penutup Dingin), adalah dessert yang dihidangkan di suhu dingin. Meskipun dihidangkan dingin, cold dessert juga dapat melalui proses pemanasan terlebih dahulu. Contoh dari cold dessert adalah :
 
Kiri : Choux paste (eclair). Tengah : Fruits. Kanan : Cake

Kiri : Pudding. Kanan : Ice Cream

 
  • Choux paste (kue sus) adalah jenis pastry yang dibuat dengan teknik rebus dengan merebus mentega dengan air hingga mencair, lalu memasukkan tepung sedikit demi sedikit hingga kalis dan tidak lengket di panci, lalu tunggu dingin dan tambahkan telur satu per satu, dibentuk dengan bantuan plastik segitiga dan spuit, lalu dipanggang pada suhu tinggi sehingga dapat mengembang dengan maksimal. Choux paste biasanya berisi vla atau pun daging. Choux paste memiliki beberapa jenis, yaitu profiterole, eclair, dan croquembouche.
  • Buah - buahan, adalah dessert yang hanya disajikan dengan dipotong tanpa proses pemanasan. Buah - buahan yang digunakan contohnya semangka, kiwi, melon, nanas, anggur, dan lain sebagainya.
  • Cake, adalah makanan yang dibuat dengan proses pencampuran tepung terigu dan bahan - bahan lain hingga tercampur sempurna dan berbentuk cair, lalu dioven hingga mengembang. Contoh cake untuk dessert adalah red velvet, cheesecake, rainbow cake, dan lain sebagainya.
  • Pudding, adalah hidangan penutup yang terbuat dari agar - agar. Ada pula pudding yang terbuat dari telur, atau pun tepung pati.
  • Ice Cream, yaitu hidangan penutup dingin yang biasanya dibuat menggunakan krim, susu, dan buah - buahan olahan.
 

4. Sauce untuk Dessert

Waffle dengan Custard Cream

    Penggunaan saus pada dessert mempunyai rasa manis dan menggunakan bahan pengental seperti puree buah, dan juga tepung pati. Fungsi dari saus dalam dessert antara lain :
  • Sebagai pendamping dessert
  • Penambah citarasa
  • Hiasan (garnish)

Saus dessert digolongkan menjadi 3 :

  • Custard sauce, atau creme anglaise atau vanilla sauce adalah dasar dalam persiapan hidangan dessert. Custard sauce terbuat dari susu, gula, dan kuning telur yang diaduk di atas api yang sangat rendah sampai kental dan bening serta dapat mengalir.
  • Fruit puree, yaitu bahan saus yang berasalh dari buah - buahan yang diolah dengan cara dilembutkan, dapat diberi tambahan gula, pengaroma, dan bahan tambahan lainnya.
  • Syrup, diperoleh dari gula pasir yang direbus dengan air atau juice buah, ditambah dengan pengaroma. Caramel sauce dan chocolate sauce dapat disebut syrup karena dibuat tanpa bahan pengental.
    Demikian penjelasan tentang dessert guys, semoga blog ini bisa lebih mengedukasi kalian, dan jangan lupa like, dan follow 👍👍.

Komentar

Posting Komentar